KURIKULUM FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

 1.  Pengertian

Kurikulum Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya pada tahun 2015 merupakan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang disusun dan dikembangkan sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia yang dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia tahun 2012, Meliputi :

.Area 1. Profesionalitas yang Luhur

Mampu melaksanakan praktik kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, etika, disiplin, hukum, dan sosial budaya.

Area 2. Mawas Diri dan Pengembangan Diri

Mampu melakukan praktik kedokteran dengan menyadari keterbatasan, mengatasi masalah personal, mengembangkan diri, mengikuti penyegaran dan peningkatan pengetahuan secara berkesinambungan serta mengembangkan pengetahuan demi keselamatan pasien.

Area 3.  Komunikasi Efektif

Mampu menggali dan bertukar informasi secara verbal dan nonverbal dengan pasien pada semua usia, anggota keluarga, masyarakat, kolega, dan profesi lain.

Area 4. Pengelolaan Informasi

Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan dalam praktik kedokteran.

Area 5. Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran

Mampu menyelesaikan masalah kesehatan berdasarkan landasan ilmiah ilmu kedokteran dan kesehatan yang mutakhir untuk mendapat hasil yang optimum.

Area 6. Keterampilan Klinis

Mampu melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain.

Area 7. Pengelolaan Masalah Kesehatan

Mampu mengelola masalah kesehatan individu, keluarga maupun masyarakat secara komprehensif, holistik, terpadu dan berkesinambungan dalam konteks pelayanan kesehatan primer

 

2. Struktur Makro Kurikulum

Untuk pencapaian kompetensi tersebut terdapat 4 tahap pembelajaran (Miller) yaitu tahap know, knows how, show dan does. Keempat tahapan pembelajaran ini akan dicapai dalam 3 tahapan pendidikan yaitu :

Fase 1            :       Pendidikan Umum dan Kedokteran Dasar, pada semester 1 dan 2

Tujuan:mencapai keterampilan dan sikap dasar, yaitu keterampilan pembelajaran yang bersifat umum/generik, sikap peduli terhadap lingkungan/ masyarakat, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar tentang ilmu biomedik

Fase 2            :       Mekanisme Penyakit dan Keterampilan Klinis, semester 3 - 7.

Tujuan: mencapai pengetahuan dan keterampilan-keterampilan klinis serta mampu menjelaskan dan menanggulangi masalah pasien dan masyarakat secara ilmiah, termasuk keterampilan penelitian.

Fase 3            :       Praktik Kedokteran dan Pengembangan Profesi, semester 8 - 10.

Tujuan: mencapai kemampuan profesi klinik dan kedokteran komunitas.

Tabel 1.  Kurikulum Program Sarjana ProgramStudi Pendidikan Dokter Universitas Palangka Raya

NO

MATA KULIAH

SANDI

SKS

SMT

I. MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) = 9 SKS

 

 

 

1

Pendidikan Agama Islam *)

MPK 201031

3

II

 

Pendidikan Agama Kristen Protestan *)

MPK 201032

 

 

 

Pendidikan Agama Katolik *)

MPK 201033

 

 

 

Pendidikan Agama Hindu *)

MPK 201034

 

 

 

Pendidikan Agama Budha *)

MPK 201035

 

 

2

Modul Humaniora, bioetika dan keterampilan belajar

MPK 10206

6

I

 

II. MATA KULIAH KEILMUAN KETERAMPILAN DASAR (MKKD)= 33 SKS

 

 

3

Modul Dasar Biomedik dan Hemopoetik Limforetikuler

MKKD 10305

5

I

4

Modul Fungsi Normal Neuromuskuloskeletal dan Organ Sensoris

MKKD 10406

6

I

5

Modul Fungsi Normal Digesti dan Metabolik Endokrin

MKKD 20506

6

II

6

Modul Fungsi Normal Reproduksi dan Urinarius

MKKD 20606

6

II

7

Modul Fungsi Normal Kardiorespirasi

MKKD 20705

5

II

8

Modul Keterampilan Medis Dasar 1

MKKD 10802

2

I

9

Modul  Keterampilan Medis Dasar 2

MKKD 20903

3

II

 

III. MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB) = 89 SKS

 

 

 

10

Modul Patomekanisme  Penyakit dan Gangguan Metabolik Endokrin

MKB 301006

6

III

11

Modul Gangguan Sistem Respirasi

MKB 301106

6

III

12

Modul Gangguan Sistem Kardiovaskular

MKB 301206

6

III

13

Modul Gangguan Sistem Digestif

MKB 401306

6

IV

14

Modul Gangguan  Sistem Neuropsikiatri

MKB 401406

6

IV

15

Modul Gangguan Sistem Sensoris dan Integumen

MKB 401506

6

IV

16

modul Gangguan Sistem Muskuloskeletal

MKB 501606

6

V

17

Modul Gangguan Sistem Hemopoetik dan Limforetikuler

MKB 501705

5

V

18

Modul Gangguan Sistem Urogenital

MKB 501805

5

V

19

Modul Gangguan Sistem Reproduksi

MKB 601906

6

VI

20

Modul Gangguan Kesehatan Bayi dan Anak

MKB 602006

6

VI

21

Modul Kedokteran Keluarga dan Komunitas

MKB 602106

6

VI

22

Modul Kegawatdaruratan

MKB 702206

6

VII

23

Modul Keterampilan Klinik Dasar 1

MKB 302303

3

III

24

Modul Keterampilan Klinik Dasar 2

MKB 402403

3

IV

25

Modul Keterampilan Klinik Dasar 3

MKB 502503

3

V

26

Modul Keterampilan Klinik Dasar 4

MKB 602603

3

VI

27

Modul Keterampilan Klinik Dasar 5

MKB 702701

1

VII

 

IV. MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) = 9 SKS

28

Modul Metodologi Riset

MPB 502803

3

V

29

Modul Elektif

MPB 702906

6

VII

 

V. MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB) = 6 SKS

 

 

30

Modul Riset

MBB 703006

6

VII

 

 

TOTAL sks Sarjana Kedokteran (S.Ked)

 

 

146

 

DEKAN
picture

Dr. dr. Triawanti M.Kes

Dekan




LINK TERKAIT


Statistik Pengunjung
Pengunjung hari ini : 62
Total pengunjung : 13711

Hits hari ini : 133
Total Hits : 62231

Pengunjung Online : 1


Lokasi